Senin, 22 Februari 2016

LINGKUNGAN EKONOMI BISNIS

UNIBA 

LINGKUNGAN EKONOMI BISNIS

A.    Pengertian Lingkungan Ekonomi Bisnis
Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga, organisasi, atau perusahaan.

B.     Kategori Lingkungan Bisnis
Lingkungan Bisnis dapat dibagi menjadi dua kategori:
1.      Lingkungan Internal
Lingkungan internal merupakan segala sesuatu di dalam organisasi/ perusahaan yang akan mempengaruhi organisasi/ perusahaan tersebut.
Lingkungan internal dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:
a.       Sumber daya manusia (SDM)
b.      Finance (modal)
c.       Marketing
d.      Operasi
Aspek bisnis lingkungan internal dapat dilihat dari beberapa pendekatan:
a.       Pendekatan fungsional, yang terdiri atas pemasaran, keuangan, operasi, SDM, dan sistem informasi manajemen.
i)         Pasar dan pemasaran
Faktor – faktor yang perlu diperhatikan antara lain pangsa pasar, pelayanan purna jual, kepemilikan informasi tentang pasar, pengendalian distributor, kondisi satuan kerja pemasaran, kegiatan promosi, harga jual produk, komitmen manajemen puncak, loyalitas pelanggan, dan kebijakan produk baru.
ii)       Keuangan dan akuntansi, dana dibutuhkan
Manajer keuangan menentukan sumber dan mengendalilan penggunaannya. Kas harus diperoleh baik dari sumber internal maupun eksternal, dan dialokasikan untuk kegunaan yang berbeda.
iii)     Produksi
Para manager dari bisnis yang berorientasi pada produksi berkonsentrasi untuk mencapai efisiensi produksi yang tinggi, biaya rendah, dan distribusi massal. Sumber daya material diolah dan menghasilkan produk untuk dijual, terdiri dari bahan mentah, setengah jadi, dan bahan jadi.
iv)     Sumber daya manusia
Tugas utama manager adalah meningkatkan kesesuaian antara individu dengan pekerjaan – pekerjaan  yang ada.
v)       Struktur organisasi dan manajemen
Beberapa tipe struktur organisasi:
a)      Struktur sederhana
b)      Struktur fungsional
c)      Struktur divisional
d)     Struktur konglomerat
e)      Strategic Business Unit (SBU), merupakan modifikasi struktur divisional.
b.      Pendekatan rantai nilai (Value curve)
Setiap mata rantai baik yang rantai maupun pendukung dapat menambah nilai dari produk yang dihasilkan.
c.       Pendekatan kurva belajar (learning curve)
Biaya produksi per unit dari suatu produk bila diukur dengan nilai uang yang tetap, akan mengalami penurunan sebesar presentase tertenu, setiap kali pengalaman kerja meningkat menjadi dua kali lipat.
d.      Pendekatan core competence (pendekatan kompetensi inti)
Kompetensi inti adalah suatu kumpulan ketrampilan dan teknologi yang terintegrasi dan emberikan kontribusi untuk melakukan kompetisi dalam berbisnis. Kompetensi inti adalah fungsi dari teknologi, proses, dan hasil belajar.

2.      Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal merupakan segala sesuatu di luar organisasi/ perusahaan yang mungkin mempengaruhi organisasi/ perusahaan tersebut.
Lingkungan eksternal dipengaruhi oleh beberapa faktor:
a.       Kebijakan
b.      Substitusi
c.       Pemasok
d.      Konsumen
Lingkungan eksternal dapat dibagi menjadi dua, yaitu:
a.       Lingkungan eksternal mikro (lingkungan khusus)
i)                    Kebijakan (peraturan industri yang ditetapkan pemerintah)
Kebijakan pemerintah ini harus ditaati oleh organisasi dalam operasinya, prosedur perijinan,
ii)                  Pemasok (Supplier), yaitu perusahaan yang menyediakan bahan baku, tenaga kerja, keuangan, dan sumber informasi kepada perusahaan lain.
iii)                Pelanggan (Konsumen)

b.      Lingkungan eksternal makro (lingkungan umum)
Lingkungan internal dan lingkungan eksternal saling berkaitan satu sama lain. Organisasi mendapat input (bahan baku, uang, tenaga kerja) dari lingkungan eksternal kemudian ditansformasikan menjadi produk dan jasa sebagai output bagi lingkungan eksternal.
Berikut ini tabel stakeholder lingkungan internal dan lingkungan eksternal:


Stakeholder
Internal
Eksternal
·         Manajemen
·         Pegawai
·         Investor (Owner)
·         Pemasok
·         Konsumen
·         Masyarakat
·         Pemerintah



C.     Ruang Lingkup SDM
1.      Recruitment:
bersumber dari internal, eksternal, dengan spesifikasi tertentu
2.      Seleksi: Kognisi, afeksi, psikomotor
3.      Pengembangan: Pelatihan, kursus, workshop, sekolah, lokakarya, penelitian, dll
4.      Penempatan: analisis kesesuain jabatan, penugasan, pengawasan kerja, evaluasi kinerja
5.      Kesejahteraan/renumerasi: gaji, tunjangan, bonus, pesangon, dll
6.      Pemberhentian: pensiun, PHK, pemberhentian, dll.

D.    Ruang Lingkup Operasional
1.      Bahan:bahan baku, pelengkap,
2.      Peralatan: pengadaan, instalasi, pemakaian, pemeliharaan, penyesuaian
3.      Perlengkapan: ketepatan jumlah, kesesuaian guna, kontinuitas
4.      Proses: pemesanan, pengadaan, penyimpanan, pemakaian, produksi, pengemasa, pengiriman
5.      Pengemasan: pemilihan bahan, daya tahan, kedaluarsa, desain model kemasan
6.      Pemeliharaan: kesesuaian kapasitas, kesesuaian teknologi, endurance, fleksibilitas,

E.      Ruang Lingkup Pemasaran
1.      Sosialisasi produk: iklan, promosi, road show, seminar, dll
2.      Distribusi produk: armada, waktu, biaya, cara, rantai distribusi
3.      Penjualan: penentuan harga, penutupan penjualan
4.      Delivery: manfaat, nilai, kepuasan konsumen
5.      Pencitraan: persepsi, kebanggaan konsumen, loyalitas
6.      Pemeliharaan konsumen: menjadi langganan, pembelian uang, promotor aktif.

F.      Ruang Lingkup Keuangan
1.      Sumber pembiayaan: modal sendiri, asing, hutang
2.      Cost of capital: standar, upper, lower
3.      Profitabilitas: ROI, ROA, Profit margin, ROE
4.      Likuiditas: current ratio, quick ratio (likuid, illikuid)
5.      Solvabilitas: debt to equity, debt to sales, debt to assets (solvabel,insolvabel)
6.      Turn over: Inventory turn over, receivables turn over, capital turn over
7.      Penggunaan: Pengembangan pegawai, deviden, investasi, pembiayaan, dll

Referensi: 
 
Supawi Pawenang, 2016, Modul Perkuliahan Lingkungan Ekonomi Bisnis, Surakarta: Program Pascasarjana, UNIBA.
      http://asumsikansaja.blogspot.co.id/2010/10/lingkungan-yang-mempengaruhi-bisnis_30.html
      http://blog.stie-mce.ac.id/rina/2014/10/24/lingkungan-eksternal-perusahaan-mikro-1/
      http://nengtiaswahyu.blogspot.co.id/2015/06/aspek-lingkungan-internal-dalam-studi.html



 

3 komentar:

  1. Ibu, perlu diberi referensi, dan di referensi perlu dicantumkan: Supawi Pawenang, 2016, Modul Perkuliahan Lingkungan Ekonomi Bisnis, Surakarta: Program Pascasarjana, UNIBA.

    BalasHapus