A.
Pengertian
Lingkungan Ekonomi Bisnis
Lingkungan
bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu
lembaga, organisasi, atau perusahaan.
B.
Kategori
Lingkungan Bisnis
Lingkungan
Bisnis dapat dibagi menjadi dua kategori:
1.
Lingkungan
Internal
Lingkungan
internal merupakan segala sesuatu di dalam organisasi/ perusahaan yang akan
mempengaruhi organisasi/ perusahaan tersebut.
Lingkungan internal
dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:
a.
Sumber
daya manusia (SDM)
b.
Finance
(modal)
c.
Marketing
d.
Operasi
Aspek bisnis lingkungan internal dapat dilihat dari beberapa
pendekatan:
a.
Pendekatan
fungsional, yang terdiri atas pemasaran, keuangan, operasi, SDM, dan sistem
informasi manajemen.
i)
Pasar
dan pemasaran
Faktor – faktor
yang perlu diperhatikan antara lain pangsa pasar, pelayanan purna jual,
kepemilikan informasi tentang pasar, pengendalian distributor, kondisi satuan
kerja pemasaran, kegiatan promosi, harga jual produk, komitmen manajemen
puncak, loyalitas pelanggan, dan kebijakan produk baru.
ii)
Keuangan
dan akuntansi, dana dibutuhkan
Manajer
keuangan menentukan sumber dan mengendalilan penggunaannya. Kas harus diperoleh
baik dari sumber internal maupun eksternal, dan dialokasikan untuk kegunaan
yang berbeda.
iii)
Produksi
Para manager
dari bisnis yang berorientasi pada produksi berkonsentrasi untuk mencapai
efisiensi produksi yang tinggi, biaya rendah, dan distribusi massal. Sumber
daya material diolah dan menghasilkan produk untuk dijual, terdiri dari bahan
mentah, setengah jadi, dan bahan jadi.
iv)
Sumber
daya manusia
Tugas utama
manager adalah meningkatkan kesesuaian antara individu dengan pekerjaan –
pekerjaan yang ada.
v)
Struktur
organisasi dan manajemen
Beberapa tipe
struktur organisasi:
a)
Struktur
sederhana
b)
Struktur
fungsional
c)
Struktur
divisional
d)
Struktur
konglomerat
e)
Strategic
Business Unit (SBU), merupakan modifikasi struktur divisional.
b.
Pendekatan
rantai nilai (Value curve)
Setiap mata
rantai baik yang rantai maupun pendukung dapat menambah nilai dari produk yang dihasilkan.
c.
Pendekatan
kurva belajar (learning curve)
Biaya produksi
per unit dari suatu produk bila diukur dengan nilai uang yang tetap, akan
mengalami penurunan sebesar presentase tertenu, setiap kali pengalaman kerja
meningkat menjadi dua kali lipat.
d.
Pendekatan
core competence (pendekatan kompetensi inti)
Kompetensi inti
adalah suatu kumpulan ketrampilan dan teknologi yang terintegrasi dan emberikan
kontribusi untuk melakukan kompetisi dalam berbisnis. Kompetensi inti adalah
fungsi dari teknologi, proses, dan hasil belajar.
2.
Lingkungan
Eksternal
Lingkungan eksternal merupakan segala sesuatu di luar organisasi/
perusahaan yang mungkin mempengaruhi organisasi/ perusahaan tersebut.
Lingkungan eksternal dipengaruhi oleh beberapa faktor:
a.
Kebijakan
b.
Substitusi
c.
Pemasok
d.
Konsumen
Lingkungan
eksternal dapat dibagi menjadi dua, yaitu:
i)
Kebijakan
(peraturan industri yang ditetapkan pemerintah)
Kebijakan pemerintah ini harus ditaati oleh organisasi dalam
operasinya, prosedur perijinan,
ii)
Pemasok
(Supplier), yaitu perusahaan yang menyediakan bahan baku, tenaga kerja,
keuangan, dan sumber informasi kepada perusahaan lain.
iii)
Pelanggan
(Konsumen)
b.
Lingkungan
eksternal makro (lingkungan umum)
Lingkungan
internal dan lingkungan eksternal saling berkaitan satu sama lain. Organisasi
mendapat input (bahan baku, uang, tenaga kerja) dari lingkungan eksternal
kemudian ditansformasikan menjadi produk dan jasa sebagai output bagi
lingkungan eksternal.
Berikut
ini tabel stakeholder lingkungan internal dan lingkungan eksternal:
Stakeholder
|
|
Internal
|
Eksternal
|
·
Manajemen
·
Pegawai
·
Investor (Owner)
|
·
Pemasok
·
Konsumen
·
Masyarakat
·
Pemerintah
|
C.
Ruang
Lingkup SDM
1.
Recruitment:
bersumber dari internal, eksternal, dengan spesifikasi tertentu
bersumber dari internal, eksternal, dengan spesifikasi tertentu
2.
Seleksi: Kognisi, afeksi, psikomotor
3.
Pengembangan: Pelatihan, kursus, workshop, sekolah,
lokakarya, penelitian, dll
4.
Penempatan: analisis kesesuain jabatan,
penugasan, pengawasan kerja, evaluasi kinerja
5.
Kesejahteraan/renumerasi: gaji, tunjangan,
bonus, pesangon, dll
6.
Pemberhentian: pensiun, PHK, pemberhentian,
dll.
D.
Ruang
Lingkup Operasional
1.
Bahan:bahan baku, pelengkap,
2.
Peralatan: pengadaan, instalasi, pemakaian,
pemeliharaan, penyesuaian
3.
Perlengkapan: ketepatan jumlah, kesesuaian
guna, kontinuitas
4.
Proses: pemesanan, pengadaan, penyimpanan,
pemakaian, produksi, pengemasa, pengiriman
5.
Pengemasan: pemilihan bahan, daya tahan,
kedaluarsa, desain model kemasan
6.
Pemeliharaan: kesesuaian kapasitas,
kesesuaian teknologi, endurance, fleksibilitas,
E.
Ruang Lingkup Pemasaran
1.
Sosialisasi produk: iklan, promosi, road
show, seminar, dll
2.
Distribusi produk: armada, waktu, biaya,
cara, rantai distribusi
3.
Penjualan: penentuan harga, penutupan
penjualan
4.
Delivery: manfaat, nilai, kepuasan konsumen
5.
Pencitraan: persepsi, kebanggaan konsumen,
loyalitas
6.
Pemeliharaan konsumen: menjadi langganan,
pembelian uang, promotor aktif.
F.
Ruang
Lingkup Keuangan
1.
Sumber pembiayaan: modal sendiri, asing,
hutang
2.
Cost of capital: standar, upper, lower
3.
Profitabilitas: ROI, ROA, Profit margin,
ROE
4.
Likuiditas: current ratio, quick ratio
(likuid, illikuid)
5.
Solvabilitas: debt to equity, debt to
sales, debt to assets (solvabel,insolvabel)
6.
Turn over: Inventory turn over, receivables
turn over, capital turn over
7.
Penggunaan: Pengembangan pegawai, deviden,
investasi, pembiayaan, dll
Referensi:
Supawi Pawenang, 2016, Modul Perkuliahan Lingkungan Ekonomi Bisnis, Surakarta: Program Pascasarjana, UNIBA.
http://asumsikansaja.blogspot.co.id/2010/10/lingkungan-yang-mempengaruhi-bisnis_30.html
http://blog.stie-mce.ac.id/rina/2014/10/24/lingkungan-eksternal-perusahaan-mikro-1/
http://nengtiaswahyu.blogspot.co.id/2015/06/aspek-lingkungan-internal-dalam-studi.html
Referensi:
Supawi Pawenang, 2016, Modul Perkuliahan Lingkungan Ekonomi Bisnis, Surakarta: Program Pascasarjana, UNIBA.
http://asumsikansaja.blogspot.co.id/2010/10/lingkungan-yang-mempengaruhi-bisnis_30.html
http://blog.stie-mce.ac.id/rina/2014/10/24/lingkungan-eksternal-perusahaan-mikro-1/
http://nengtiaswahyu.blogspot.co.id/2015/06/aspek-lingkungan-internal-dalam-studi.html
Ibu, perlu diberi referensi, dan di referensi perlu dicantumkan: Supawi Pawenang, 2016, Modul Perkuliahan Lingkungan Ekonomi Bisnis, Surakarta: Program Pascasarjana, UNIBA.
BalasHapusTerimakasih pak masukannya
HapusTerima kasih pak masukannya.
BalasHapus