Kamis, 09 Februari 2017

TUGAS EKONOMI MANAJERIAL UMI HANI'AH KELAS XX1B



PERILAKU KONSUMEN






Disusun Oleh :
Umi Hani’ah
NPM : 2015 P 20119


Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Ekonomi Manajerial
Proram Pasca Sarjana
Semester  II /Tahun Akademik 2016/ 2017
Dosen Pengampu : Dr. Supawi Pawenang, SE, MM







PROGRAM PASCA SARJANA
UNIVERSITAS ISLAM BATIK (UNIBA)
SURAKARTA
                                                                2017





PERILAKU KONSUMEN


Perilaku adalah  kebiasaan tindakan yang timbul dari merespon sesuatu atau melakukan sesuatu, yang didasari oleh seperangkat nilai yang dianutnya. Adapun konsumen dapat berarti:
a.        Pelaku pembelian
b.      Pengambil keputusan pembelian
c.       Pengguna
Konsumen memiliki keragaman yang menarik untuk dipelajari karena ia meliputi seluruh individu dari berbagai usia, latar belakang budaya, pendidikan, dan keadaan sosial ekonomi lainnya.
Berikut beberapa pengertian perilaku konsumen dari beberapa sumber:
  • Menurut Kotler dan Keller (2008:214), perilaku konsumen adalah studi bagaimana individu, kelompok dan organisasi memilih, membeli, menggunakan dan menempatkan barang, jasa, ide atau pengalaman untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka. 
  • Menurut Basu Swastha (2000:10), perilaku konsumen merupakan kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang-barang dan jasa-jasa, termasuk di dalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan penentuan kegiatan-kegiatan tersebut. 
  • Menurut Schiffman dan Kanuk (2008:6), perilaku konsumen menggambarkan cara individu mengambil keputusan untuk memanfaatkan sumber daya mereka yang tersedia (waktu, uang, usaha) guna membeli barang-barang yang berhubungan dengan konsumsi.
Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen antara lain:
a.      Adat, Kebiasaan, Budaya
Faktor-faktor kebudayaan mempunyai pengaruh yang paling luas dan mendalam terhadap perilaku konsumen. Pemasar harus memahami peran yang dimainkan oleh kultur, sub-kultur, dan kelas sosial pembeli.
b.      Perubahan sosial:
- Ekonomi
- Hukum
- Teknologi
- Tata nilai
Perubahan sosial menyebabkan perubahan perilaku, baik pada konsumen maupun produsen. Pada Konsumen semakin menuntut barang-barang yang berkualitas, layanan yang cepat, dan harga yang memadai. Faktor penyebabnya antara lain ragam produk yang semakin variatif, penjual yang semakin bersaingan, pengetahuan dan kesadaran konsumen yang meningkat, dsb. Pada Produsen semakin menuju kepada customer oriented. Tidak lagi sebatas producer oriented.
            Perubahan – perubahan tersebut disebabkan karena:
a.       Teknologi Transportasi
b.      Teknologi Telekomunikasi
c.       Teknologi Komputer dan Informatika
d.      Tingkat Pendidikan yang meningkat
e.       Kesadaran hak-hak dan kewajiban
f.       Kesadaran hukum , dsb

Selain factor di atas perilaku konsumen juga dipengaruhi oleh:
      Daya Beli
      Sifat kemendesakan kebutuhan
      Preferensi
      Gengsi (tuntutan sosial)
      Gaya hidup (karakter), dsb.
Jika dikaitkan dengan Permintaan, maka faktor-faktor itu menjelma dalam bentuk perhitungan:
      Harga barang yang diinginkan
      Harga barang lain yang bisa mensubstitusi
      Harga barang lain yang bersifat komplementer
      Kemudahan dalam hal mendapatkan
      Kemendesakan kebutuhan
      Preferensi (atas pelayanan, dsb).
      Tingkat daya beli
Maka, ketika Permintaan Konsumen terhadap suatu barang, dapat dirumuskan sbb:
Qd = f (Px, Pys, Pyk, Con, Urg, Pref, Inc, dll)
Atau:
Qd = a + bPx + bPys + bPyk + bC + b U + bPr + e
 
Penjelasan rumus:
a.      Rumus di Atas menunjukkan persamaan regresi, yaitu menunjukkan pengaruh antara variabel Y (variabel bebas) terhadap variabel X (variabel terikat)
b.      Rumus Regresi yang bersifat matematis ini menunjukkan adanya hubungan dengan Teori Rasionalitas Pilihan
c.       Rasionalitas Pilihan ini bersifat positivistik-logis.
d.      Karena bersifat Positivistik-Logis ini maka bisa diverifikasi, berbasis data, dan bersifat metodologik. Sifatnya yang seperti itulah yang disebut sebagai ilmiah.
Penjelasan singkat tentang rasionalitas pilihan:
a.      Manusia umumnya memperbandingkan antara biaya yang dikeluarkan dengan manfaat yang didapatkan
  1. Manusia cenderung melakukan Optimalisasi Konsumsi, yang ditandai dengan Maksimalisasi Utilitas.
Teori pendukung lain:
a.      Selain teori tentang Rasionalitas Pilihan, perilaku konsumen dapat pula dianalisis dengan Teori Preferensi Konsumen.
  1. Teori Preferensi menunjukkan hubungan antara kurva preferensi dengan garis anggaran.
  2. Kurva Preferensi bertingkat-tingkat sesuai masing-masing kesesuaian dalam setiap lapisannya (layer). Kurva paling bawah menunjukkan bahwa preferensinya dapat dipenuhi dengan dana yang minimum. Kurva semakin ke atas, menunjukkan bahwa dana yang digunakan semakin banyak.
Gambar kurva preferensi :
 
Masyarakat berdasarkan pendapatannya:
      Y = C
      Y = C + S
      Y = C + S + I
      Tingkat pendapatan seperti di atas menunjukkan perbedaan tingkat daya beli, perilaku sosialnya, elastisitasnya dalam merespon harga, dan sebagainya. Maka konsumen perlu dipetakan (disegmentasi) sesuai kondisinya
Selain berbeda dalam daya beli, masyarakat juga berbeda dalam hal:
a.      Kebiasaan, Adat, Budaya
Ini biasanya disebabkan oleh daerah yang ditinggali. Maka perlu segmentasi berdasar geografi.
  1. Gaya hidup, Jenis Kelamin, Status social
Ini bisa dianalisis melalui segmentasi demografi
  1. Temperamen, kepribadian orang
  2. Ini bisa dianalisis melalui segmentasi psikografi
Hubungan daya beli dengan elastisitas harga:
a.      Pendapatan Rendah, umumnya elastis terhadap harga. Artinya, jika harga berubah, maka keputusan membeli juga berubah.
  1. Pendapatan Tinggi, umumnya inelastis terhadap harga. Artinya, meskipun harga berubah menjadi tinggi, keputusan membelinya cenderung tetap. Harga yang cenderung turun, keputusan membelinya semakin berkurang. Pada masyarakat yang seperti ini, unsur gengsi dan gaya hidupnya sangat mempengaruhi keputusan membeli.
Veblen: berpendapat bahwa:
“Manusia itu pada dasarnya sangat rasional, tetapi dalam hal membeli umumnya tidak rasional. Keputusannya banyak dipengaruhi oleh unsur untuk pamer, prestige, dan kepuasan psikologis”.
Berdasarkan pendapat Veblen di atas, maka perlu diadakan penelitian. Apa yang perlu diteliti dari konsumen?
a.      Unsur Historis
- Pengaruh faktor pembelian
- Siapa pengambil keputusan beli
- Bagian Pembelian
            - Pengambil Keputusan Beli
            - Pengguna
  1. Unsur Proyeksi
-    Berapa Tingkat permintaan
-    Bagaimana Tingkat Elastisitasnya
Metode penelitian yang dapat digunakan antara lain:
  1. Metode Kuantitatif:
-           Analisis Regresi
-           Analisis Hubungan
-          Analisis Trend
b.      Metode Kualitatif
- Metode Delphi
Analisis Data yang digunakan adalah
a. analisis regresi:
·         Regresi Linier
·         Regresi Linier dengan Variabel Intervening
·         Regresi Determinan
·         Regresi Logit
·         Regresi Logistik
Analisis Regresi ini perlu memenuhi asumsi-asumsi, antara lain asumsi Klasik yang meliputi: Heteroskedastisitas, Multikolinearitas Autokorelasi.
b.   Analisis trend
Analisis trend merupakan suatu metode analisis yang ditujukan untuk melakukan suatu estimasi atau peramalan pada masa yang akan datang. Untuk melakukan peramalan dengan baik maka dibutuhkan berbagai macam informasi (data) yang cukup banyak dan diamati dalam periode waktu yang relatif cukup panjang, sehingga dari hasil analisis tersebut dapat diketahui sampai berapa besar fluktuasi yang terjadi dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terhadap perubahan tersebut.
·         Trend musiman
·         Trend sekular
Trend (T) (atau trend sekuler) adalah gerakan berjangka panjang yang menunjukkan adanya kecenderungan menuju kesatu arah  kenaikan dan penurunan secara keseluruhan dan bertahan dalam  jangka waktu yang digunakan sebagai ukuran adalah 10 tahun  ke atas, perlu diketahui bahwa trend sangat berguna untuk membuat ramalan yang sangat diperlukan bagi perencanaan.
Misalnya:
•Menggambarkan hasil penjualan
•Jumlah peserta KB
•Perkembangan produksi harga
•Volume penjualan dari waktu ke waktu (dll) 
·         Trend Acak
Sumber:
-          Pawenang, Supawi. 2016. Modul Perkuliahan Ekonomi Manajerial. Surakarta: Program Pascasarjana, UNIBA
-          www. kakamawardi.blogspot.com/2011/12/analisis-trend.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar